Minggu, 24 April 2011

kehilangan ayah

kehilangan seorang ayah jujur itu sakit banget..terlebih dia lah orang yg paling deket sama kita..
Oktober 2010..aku ingat waktu itu hari rabu setelah bapak batuk selama seminggu lebih dan ga sembuh2, bapak di bawa k dokter umum. dokter menyarankan untuk dibawa ke dokter spesialis jantung. yaah setelah itu, saat sore aku dijemput 2 kakakku sama adiku..aku heran ga biasanya cuma jemput aja semua ikut. awalnya aku cuma diem tapi karna sadar jalan yang dilewati bukan jalan menuju rumah. akhirnya aku berani tanya dan mbak indri jawab klo kita mau ke RS, bapak masuk IMC. awalnya aku gatau apa IMC pas coba search di internet ruang IMC adalah semacam ruang ICU tapi khusus jantung. sampe d RS aku ga tega ngliat bapak yang ditempelin apalah itu aku gatau di dadanya dan dihubungin ke komputer. selama 3 hari kondisi bapak sangat lemah. tensi orang normal biasanya sekitar 110/90 tp bapak tensinya cuma 55/30..itu sangat sangat rendah.bahkan dokter harus ngasih obat hingga tensinya bisa tinggi karna klo enggak jantungnya ga akan kuat mompa. setelah keadaan mulai membaik bapak boleh dipindahkan ke bangsal. saat hari ketiga di bangsal, bulik titik (adiknya bapak yg sekarang suaminya sukses jd direktur sebuah perusahaan d JKT dan plg deket sm bapak nengok bapak) sama suaminya. waktu itu jam visite dokter maka dokter **** msk ke ruangan itu (tp sumpah aku BENCI BGT sama tuh dokter karna gamau ngsee tau keadaan pasiennya, diajak ngobrol susah..hiih pengen tak BUNUH tu dokter) sampe bulik titik harus ngejar sampe ke lobby RS buat tanya sebenarnya bapak sakit apa..dan dibantu seorang suster yg mungkin simpatik sama kita akhirnya dokter itu bilang "kakak kamu itu kena GAGAL JANTUNG, sebelah jantungnya bengkak dan sebelah lagi terendam air'" kata-kata itu sukses bikin bulik titik terdiam cukup lama hingga akhirnya balik ke kamar bapak..seminggu setelah itu bapak diijinin pulang, selama di rumah aku makin ga tega liat bapak, bapak bilang "maaf ya bapak ga bisa bantuin kalian kerjain peer (karna setiap hari yg ngajarin matematika fisika kimia dan apapun itu BAPAK)" trus juga bapak pernah bilang sama aku "ras nanti klo bapak udah sembuh nanti bikin spagheti sama cah daging brokoli lagi ya,,udah lama bapak ga bikin itu buat kamu"..seminggu setelah itu bapak masuk RS lgi..dan yg pgn ngebuat aku MAKIN PENGEN BUNUH TUH DOKTER TRUS TAK KASIHIN BUAYA adalah saat tuh dokter bilang "sebenernya kmrn bapak blm benar-benar kuat,,tpi udah saya ijinin pulang"(yaampun tu dokter minta diapain sih..mau mukanya tak cabik cabik pakai perisai,,NYADAR DONK DOK KAMU ITU DOKTER JANTUNG..ORG YG KENA SAKIT JANTUNG ITU GA BISA DITANGANI SEENAKNYA AJA) ibuku kontan marah donk ya..walaupun ga sampe bentak bentak..dan aku yg waktu itu posisinya ada di belakang tuh dokter,,reflek tanganku mau mukul tuh dokter tp tak tahan..pas liat susternya,,itu adalah suster yg baik dy kliatan simpatik sm kita dan ngasih senyum tipis k aku..lima hari di RS akhirnya blh pulang lagi dan seminggu lgi setelah itu bapak msk lg ke RS dan lgsg msk IMC..jam 6 sore msk IMC jam 11 mlm bapak dipindah k ICU..waktu adik2nya bapak dikasih tau..mereka lgsg minta bapak diganti dokter..trus ibuku bilang ke budhe harsi (sepupunya ibu yg mrpkn dokter di Moewardi) akhirnya budhe harsi nelfon RS Moewardi,,ambulance, ruang ICCU, dan dokter Fathony (dokter jantung Moewardi uda disiapin. tp bude harsi bilang harus ngmg bapak dlu..akhirnya budhe harsi masuk nemuin bapak..tapi bapak bilang bapak gamau dipindah..akhirnya kita ga bisa apapa..dokter Fathony cm bisa ngontrol keadaan dari jauh..bahkan ubuku tau smua informasi dr dokter Fathony..bahwa bapak ini udah sangat parah dan ga bisa sembuh..3 hari di ICU akhirnya bapak bener2 ninggalin kita semua..mbak canggih(sepupuku aku tp manggil bapak papah) sampe pingsan denger kabar itu..bulik titik yg d JKT dan waktu itu mau pengajian pagi lgsg nangis dan nyalahin diri sendiri karna waktu denger bapak msk ICU bulik titik ga sempet k solo buat nengok bapak..tp ibuku bilang itu emg udah takdir dan kehendak tuhan..ikhlasin aja..tapi butuh sebulan bagi aku untuk ikhlasin semua ini..di sekolah mungkin aku senyum..tp jujur hati aku nangis..kenapa aku ga bisa kyk tmn2 yg lain yang mse bs punya ayah di saat masih umur 13..gada yg bisa nyimpulin perasaan seseorang klo hanya dilihat dri luarnya aja..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar